Kamis, 26 Juli 2012

Selomangleng, Gua Pertapaan Kilisuci




Sesaat setelah memasuki gerbang masuk, kau akan disambut oleh Dewi Songgolangit bro. Putri Kediri yang cantiknya tiada bandingan. Andai saja hidup di masa sekarang, tentu sudah jadi artis terkenal bro. Hehehe langsung saja kita ke gua-nya dulu bro.

Gua Selomangleng

Selomangleng merupakan sebuah gua pertapaan. Dewi Kilisuci, putri Raja Airlanggalah yang menggunakannya sebagai tempat pertapaan. Maka tak heran jika di dalamnya dihiasi relief yang menggambarkan surga dan neraka. Juga relief yang konon menceritakan cerita Arjuna Wiwaha. Sebelum mencapai Gua Selomangleng, pengunjung akan disambut oleh anak tangga yang tak seberapa jumlanya, enggak bakal capek kok bro..


Selomangleng sendiri berasal dari dua kata, yakni selo yang berarti batu dan mangleng yang berarti miring menggantung. Jadi selomangleng dapat diartikan sebagi batu yang miring di suatu lereng. Jika ditilik, gua ini memang berada di kaki bukit Klotok yang juga fenomenal di kalangan masyarakat Kediri.

 Sekarang Selomangleng dicanangkan sebagai pusat tujuan wisata di Kota Kediri. Untuk itu mulai dibangun beberapa fasilitas termasuk kolam renang. Namun, gw lebih tertarik dengan situsnya bro. Liat saja gambar-gambar yang gw jepret dengan hp 2 mp hehehe ...
 halaman gua dengan batu yang diperkirakan sebagai gapura

 patung penjaga gua

dilihat dari dekat

 relung di sayap gua sebelah utara
coba duduk bersila di sini bro, cukup enggak ?

 pahatan relief berbentuk awan di dinding luar

 
 Patung Butolocolo, abdi setia Dewi Kilisuci
 
 Dupa dalam bilik utara
perwujudan Dewi Kilisuci di bilik tengah/utama

Gimana keren kan bro.? Oke sekarang kita tilik lokasi Gua Selomangleng.
Selomangleng berada di Dusun Boro Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Dari  pusat kota hanya 3 kilometer ke arah barat. Dari Bunderan Sekartaji cukup ke arah barat sampai notok bro..Retribusi hanya dikenakan saat weekend dan hari libur.

Selain Gua, di lokasi wisata ini terdapat fasilitas lain yang tak kalah menarik. Ada Musium Airlangga, Pura Kilisuci, Makam Boncolono, Atraksi Motor Tril dan sudah tentu Klotok View.

Musium Airlangga

 Musium ini menjadi tempat penyimpanan barang antik yang ditemukan di sekitar Kediri, baik yang merupakan peninggalan jaman Kahuripan maupun jaman Kerajaan Kediri. Musium ini terbagi dua, yakni musium dalam dan musium luar. Ini bro beberapa koleksi musium arkeologi Kediri ini :

 Patung Siva
merupakan koleksi terbesar dimusium ini, dengan tinggi lebih dari dua meter

 Jambangan
Jambangan batu terbesar yang pernah diketemukan
 Prasati
Ada Prasati yang sudah terbaca maupun belum bro.. Apa loe bisa bacain bro ?

 Cikar

 Arca

 Arca Nenek Moyang

 Reco Pentung

 Yoni

 Kaki Pecahan Prasasti

Kereta Kencana
Koleksi musium ini banyak bro jadi blog ini tak mungkin mampu nampung.. alias gw yang capek mosting hahaha. Oke lanjut ke titik selanjutnya, tepat di timur musium ada pura.

Pura Agung Penataran Dewi Kilisuci

 Pura ini merupakan pura satu-satunya yang berada di dalam kota kediri. dan seperti pura lainya sebagi tempat peribadatan sangat dijaga kebersihannya. Beberapa waktu lalu pura ini di pugar, dan inilah wajah pura yang baru. Sayang waktu mampir ke sini pura benar-benar sepi. Jadi tak bisa masuk bro, soalnya pintu di gerbang ke dua ditutup.

 Gapura ke dua

Suasana Pura yang Hening

Akhirnya hanya sejenak di sini. Hasil jepretan pun juga dikit. Itupun dengan jinjit melewati pagar pura. 
Cukup sampai sini ya bro. Buat Gunung Klotok dan Bukit Maskumambang yang juga satu kawasan di Selomangleng bakal gw posting lain hari. Capek bro. hehehehe. Oke SALAM JALAN JALAN.

1 komentar: